Viva Mexico: First Timer – Pengajuan Visa Meksiko di Jakarta

SELAMAT TAHUN BARU 2020!

Semoga tahun ini banyak jalan-jalannya yaa! Aamiin.

Tapi sebelum jalan-jalan lagi, aku mau nyelesein hutang postingan haha.

Jadi, kalau sebelumnya udah pernah liat postingan ini soal keberangkatan aku ke suatu negara untuk jadi summer camp leader, nah di situ aku belum reveal ke negara mana aku bakalan berangkat hehe. Jadi alhamdulillah aku ditugaskan buat pergi ke Meksiko selama sebulan, dari akhir Juni sampai akhir Juli 2019.

Sejujurnya, aku bahkan nggak tau dimana letak Kedutaan Meksiko di Jakarta haha. Ya karena emang nggak pernah kepikiran untuk pergi ke sana secepat ini dan ya jadinya nggak pernah searching apapun tentang Meksiko. Tapi pas dapat informasi kalau aku ditugaskan ke sana, langsung aku cari-cari info soal visa dan penerbangan.

Salah satu hal yang mesti dicari tau dulu adalah di mana letak kedutaan. Karena nggak mungkin dong ya kan ngurusin visa tanpa datang ke kedutaannya hehe. Kecuali untuk negara-negara yang sudah dibawahi oleh third party, kayak untuk pengurusan Schengen dan Australia Visa yang diurus sama VFS Global.

DSCF5977

DSCF5978

DSCF5979

Nah, waktu bulan April 2019 aku mulai ngurusin dokumen untuk visa, Kedutaan Meksiko pada saat itu ada di Menara Mulia, Gatot Subroto. Barengan sama Kedutaan Brazil, Croatia, dan Venezuela juga. Tapi, sekitar bulan Agustus 2019 kemarin, mereka udah pindah ke gedung baru yaitu di The East, Kuningan.

Kedubes Mex

Selain lokasi kedutaan, sebelum apply juga mesti tau siapa aja yang butuh punya Mexico Visa untuk masuk ke negara itu. Jadi, semua pemegang paspor Indonesia harus punya Visa Meksiko untuk pergi ke sana, KECUALI pemegang paspor Indonesia yang punya Visa US yang masih valid. Ini confirmed beneran bisa, karena salah satu delegasi yang berangkat sama aku punya Visa US yang masih berlaku dan dia nggak perlu apply Visa Meksiko lagi.

Kemarin sempet juga baca info dari web ini dan ini, disitu ditulis regardless of their nationality, pemegang Visa US, UK, Canada, Japan dan Schengen yang masih berlaku, bisa pergi ke Meksiko untuk tujuan wisata, bisnis dan transit tanpa harus apply Visa Meksiko lagi. Walaupun sepertinya confirmed, tapi baiknya recheck lagi ke kedutaan yaa, just to make sure.

+ Lalu, kapan baiknya mulai apply visa?

Amannya sih 1,5 bulan sebelum keberangkatan udah mulai urus visanya yaa.

+ Apakah bisa apply secara online?

Nopeee. Apply langsung di kedubes dan dokumen yang dikasih dalam bentuk hardcopy. Kalo mau kasih dokumennya harus telfon kedubes untuk janjian sama stafnya. Mereka buka dari Senin – Jumat jam 8:30 – 13:00 (kecuali hari libur yess). Oiya, harus cari tau juga tanggal merah di Meksiko, karena kedubes juga bakalan tutup di hari itu.

+ Berapa hari kerja sampai visanya diapprove?

Tergantung 😆 aku mesti ngelengkapin beberapa tambahan yang diminta, jadi 2x visit kedubes baru diproses dokumennya. Kalo udah diproses sih cepet, sekitar 5 hari ajaa.

+ Berapa lama visanya valid?

Visanya berlaku selama 6 bulan, dari tanggal diapprove nya visa.

+ Berapa biaya aplikasi visanya?

Harganya $36, cukup standard lah yaa untuk harga visa.

Nah setelah ngebahas beberapa catatan soal aplikasi visa, sekarang mau share dokumen-dokumen apa aja yang harus disiapkan untuk proses aplikasi visa.

Dokumen yang harus disiapkan

  1. Form Pembuatan Visa Meksiko yang didownload langsung dari web Kedubes https://embamex.sre.gob.mx/indonesia
  2. Foto 3×4 dengan latar belakang putih (4 lembar)
  3. Paspor yang masih aktif, dengan masa berlaku minimal 6 bulan
  4. Copy halaman depan paspor
  5. Rekening koran 3 bulan terakhir dan dilegalisir oleh bank
  6. Surat referensi dari bank, yang menyatakan sudah berapa lama jadi nasabah dan keterangan lainnya selama menjadi nasabah
  7. Surat keterangan kerja dan copy KTP orang yang menandatangani surat itu
  8. Slip gaji 3 bulan terakhir
  9. Bukti booking tiket pesawat atau kalau belum beli bisa pakai dummy tiket
  10. Bukti penginapan selama di Meksiko
  11. Itinerary perjalanan mulai dari kedatangan sampai kepulangan

Karena aku akan pergi summer camp sama anak-anak, jadi selain dokumen-dokumen di atas, ada beberapa dokumen lagi yang aku sertakan, seperti:

  1. Copy KTP orang tua dari anak
  2. Copy Kartu Keluarga anak
  3. Surat keterangan dari sekolah
  4. Surat pernyataan orang tua yang ditandatangan di atas materai dan dilegalisir sama Notaris. Kita sebut surat ini Affidavit. Surat ini penting banget buat dilampirkan karena menunjukkan aku diberikan tanggungjawab dan kepercayaan oleh orang tua untuk bepergian sama anaknya

Untuk aplikasi Visa Meksiko ini mungkin akan agak ngebingungin karena persyaratannya agak ‘fleksibel’. Kayak gimana tuh maksudnya?

Kalo apply visa lain kan yaudah cuma harus bawa dokumen yang emang udah tertulis sebagai persyaratannya. Nah kalo ini, setelah 11 dokumen itu kamu serahin dan direview sama staf, bisa aja mereka minta kamu untuk menambahkan dokumen pendukung lainnya dan kamu bakalan diminta buat balik lagi.

Jadi dari awal sebelum siapin dokumen, baiknya telfon kedubes dulu. Jelasin secara lengkap tujuannya ke Meksiko untuk apa, sama siapa (kalo emang ga sendirian) dan info lain yang ada kaitannya sama dokumen pribadi (seperti: identitas, surat-surat keterangan) dan dokumen perjalanan (seperti: paspor, visa, tiket). Walaupun akhirnya kamu disuruh balik lagi, ya sudah ikuti aja ketentuannya dari staff kedutaan. Toh demi visanya bisa diapprove ya kaaan.

Aku sendiri pun beberapa kali telfon ke kedutaan, baik sebelum visit yang pertama, maupun sebelum visit yang kedua, untuk make sure dokumen yang harus aku bawa dan juga detail soal appointment. Stafnya friendly dan mungkin karena nggak banyak yang apply, jadi cukup cepet angkat telfonnya.

DSCF5986

DSCF5994

Interview day

Setelah dua kali visit ke kedutaan untuk menyerahkan dokumen, di kedatangan kedua aku sekalian buat appointment untuk interview. Nggak lama kok jaraknya, nggak sampai seminggu setelah visit, aku udah bisa datang lagi untuk interview.

Jadi pas interview sampai akhirnya dapat visa, prosesnya begini:

  • Datang ke tempat pengurusan visa dan duduk dulu, tunggu sampai kamu dipanggil. Yang penting stafnya harus lihat kalau kamu udah datang yaa. Jadi dipanggilnya akan sesuai urutan datang.
  • Pertama, akan dipanggil sama staf untuk foto dan scan sidik jari, lalu balik ke ruang tunggu.
  • Selanjutnya dipanggil lagi untuk interview sama (kalau belum ganti) seorang bapak yang punya wewenang untuk mengapprove visanya. Apa ya istilahnya, jujur nggak tau haha. Interviewnya nggak lama kok. Cuma dicek beberapa data diri, ditanya nama sama tanggal lahir, ditanya apa tujuannya pergi ke Meksiko dan berapa lama akan stay di sana, kapan berangkat dan pulangnya. Terus udah deh selesai dan tunggu lagi di ruang tunggu.
  • Nggak lama setelah itu stafnya akan manggil dan kasih secarik kertas yang isinya informasi soal pembayaran visa. Kamu akan diminta untuk bayar visanya dulu dan kemudian balik lagi buat menyerahkan bukti pembayaran.
  • Cara pembayaran: pembayaran visa ini dilakukan di Bank BCA. Nah, as I said before, aku ngurusin visa ini waktu kedutaannya masih di Menara Mulia, jadi Bank BCA nya ada di lantai dasar. Tinggal bilang aja sama Pak Satpam nya kalau mau bayar Visa Meksiko, kamu akan dikasih nomor tunggu dan form transaksi yang harus diisi. Kalau nomer kamu udah dipanggil sama satu teller, serahkan formnya dan nanti kamu akan ditanya mau bayar pakai cash atau debit BCA. Jadi sekalian kamu kasih uang atau kartu debitnya. Tunggu sebentar untuk mereka proses pembayarannya dan selesai deh!
  • Setelah balik lagi ke kedutaan, serahkan bukti pembayarannya ke staf.
  • And you’ll get your visa attached on one of the pages in your passport!

DSCF5992

DSCF5996

Jadi kalau dilihat by tanggalan proses aku di kedutaan seperti ini:

7 Mei: Visit pertama, serahin dokumen dan janjian untuk visit kedua karena ada beberapa dokumen tambahan yang harus disertakan.

16 Mei: Visit kedua untuk serahin dokumen dan buat appointment untuk interview.

22 Mei: Hari ini agak deg-degan sebenernya mau ke kedutaan. Kalo kalian inget, ini hari di mana Jakarta lagi rusuh-rusuhnya setelah ada pengumuman presiden terpilih. Bismillah aja deh pas keluar rumah, soalnya nggak mau juga reschedule lagi, karena udah mau libur kedutaannya, karena udah hampir masuk minggu terakhir bulan Ramadhan. Untuk jadwal hari ini yang interview adalah dua anak yang akan pergi sama aku, jadi aku cuma nemenin aja sampai mereka dapat visanya.

24 Mei: Nah, dua hari kemudian aku balik lagi ke kedutaan dan kali ini giliran aku dan satu anak aku yang interview. Aku sampai di kedutaan jam 9 pagi. Cukup ramai hari itu, kursi di ruang tunggunya penuh, jadi aku nunggu sambil berdiri aja. Tapi once udah dipanggil dan pembayaran, prosesnya cepet banget! Jadi sekitar jam setengah 1 aku udah terima paspor aku balik dan pulang deh.

Mexico Visa

Jadi begitulah proses apply Visa Meksiko ini. Karena aku tau nggak banyak info soal pengajuan visa ini, jadi semoga postingan ini bisa membantu buat kamu-kamu yang lagi membutuhkan yaa. And I wouldn’t have done it without some information from these blogs http://selamatpagipulpen.blogspot.com/ and http://nanda-idea.blogspot.com/ too!

Footer

3 thoughts on “Viva Mexico: First Timer – Pengajuan Visa Meksiko di Jakarta

Leave a comment